Feb 23, 2022

Ice Breaker Games | Bermain Tower of Hanoi Di Kelas Online

Hai sobat! Pernah dengar permainan Tower of Hanoi? Siapa sangka permainan puzzle ini bisa kita manfaatkan dalam pengajaran Bahasa Inggris di kelas. Setelah saya coba, ternyata sangat seru! Murid-murid saya tidak merasa mereka sedang belajar, mereka malah fokus berpusing ria menyelesaikan puzzle ini tanpa menyadari bahwa mereka sedang berlatih menggunakan Bahasa Inggris disaat yang sama. Materi apa ya yang saya gunakan bersama permainan tower of hanoi ini? Yuk simak selengkapnya di bawah! - Wordcliff.com

Google Image - Tower of Hanoi di Kelas Online

Permainan Tower of Hanoi Untuk Belajar Imperative Sentence

Yak, langsung terjawab dari judul ya sobat, materi Bahasa Inggris yang saya latih pada murid-murid saya melalui permainan tower of hanoi ini adalah "Imperative Sentence". Wah, bagaimana bisa?

Bagi sobat yang belum mengenal permainan tower of hanoi, saya akan memberikan penjelasan singkat tentang cara bermain nya. Dalam tower of hanoi, ada satu tujuan permainan yang harus kita capai, yaitu memindahkan piringan atau cincin dari tiang paling kiri ke tiang paling kanan. Hanya ada tiga tiang yang tersedia, yaitu tiang sebelah kanan, tiang tengah dan tiang sebelah kiri. Ada satu catatan yang harus kita ingat, yaitu kita tidak bisa meletakkan cincin yang lebih besar di atas cincin yang lebih kecil.

Dari alur permainan di atas, mulai tergambar bahwa dalam proses memindahkan cincin ini, ada urutan tertentu (steps) yang harus kita lewati. Nah, di sinilah saya memasukkan materi "Imperative Sentence" tanpa disadari oleh murid-murid saya.

Caranya adalah, saya meminta murid saya bekerja secara berpasangan untuk menemukan solusi / langkah penyelesaian permainan. Setelahnya, satu murid akan bertugas sebagai pengarah gerakan sedangkan siswa yang lain bertugas sebagai pelaku atau peraga. Saat siswa pertama memberikan arahan gerakan inilah ia akan menggunakan bentuk-bentuk imperative sentence pendek seperti "Move the green ring to the middle" dan sebagainya.

Bagaimana sobat, ternyata menarik kan belajar Imperative Sentence dengan aktivitas game seperti Tower of Hanoi ini. Silahkan dicoba dikelas, saya doakan semoga berhasil.

Oh ya, kita juga bisa melanjutkan aktivitas dengan materi yang lain lho. Karena proses permainan ini mengandung urutan langkah tertentu, maka jika kita tuliskan, sebenarnya kita bisa menghasilkan "Procedure Text". Wah, luar biasa kan.

Saya yakin masih banyak permainan-permainan lain yang bisa kita manfaatkan dalam proses pengajaran Bahasa Inggris. Jadi, jangan berhenti mencari dan mencoba ya. Semangat!! Oh ya, silahkan tonton video saya bermain tower of hanoi bersama kelas online saya di bawah ini.



Ice Breaker Games | Bermain Tower of Hanoi Di Kelas Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

0 komentar:

Post a Comment