3/28/19

Contoh Analytical Exposition About Smoking Dan Terjemahannya

Good morning Cliffers. Pada pagi yang cerah ini saya ingin menampilkan sebuah contoh Analytical Exposition about Smoking dan terjemahannya. Bagi kamu yang baru pertama kali mengenal jenis teks Analytical Exposition, saya sarankan kamu untuk membaca pengertiannya terlebih dahulu serta mencari tau bagaimana generic structure dari teks ini. Setelah kamu merasa yakin dengan pemahamanmu tentang penjelasan yang kamu pelajari, barulah lanjutkan dengan membaca contoh Analytical Exposition text singkat berikut ini.

Contoh Analytical Exposition tentang merokok yang saya sajikan kali ini akan berisi opini saya sebagai orang yang tidak begitu suka terhadap rokok. Jadi, jika sobat termasuk orang-orang yang menikmati kegiatan merokok, mungkin akan ada beberapa perbedaan pendapat antara kita nantinya. Bagi saya hal itu tidak menjadi masalah, karena menurut saya semua orang bebas menentukan pemikirannya masing-masing, termasuk pilihan akan merokok atau tidak. Silahkan baca selengkapnya contoh Analytical Exposition about Smoking berikut ini. – Wordcliff.com

Analytical Exposition Text About Smoking
Google Image - Contoh Analytical Exposition About Smoking Dan Terjemahannya

Contoh Analytical Exposition About Smoking

Smoking atau yang dalam Bahasa Indonesia nya kita sebut dengan merokok adalah isu yang menarik untuk dibahas dalam sebuah contoh Analytical Exposition text. Alasannya adalah karena merokok merupakan hal yang tidak menyehatkan (bahkan bisa dibilang beracun) namun dengan alasan tertentu dilegalkan oleh pemerintah. Tapi, meski rokok dilegalkan, pemerintah serta pihak produsen rokok secara tegas tetap menyatakan di setiap bungkus rokok bahwa “Merokok Membunuhmu”. Lebih lucunya lagi, dengan peringatan gamblang seperti itu, jumlah perokok tidak kunjung berkurang, bahkan malah bertambah. Bagaimana pendapatmu tentang hal ini sobat? Kalau saya sih kurang lebih seperti yang saya kemas dalam contoh Analytical Exposition berikut ini.

Smoking is Completely Useless (Merokok itu Benar-Benar Tak Berguna)
Smoking is a common thing to see in our environment. Nowadays, we can easily find smokers everywhere, not only in a group of grown up people, but also in a group of underage children. They are actually aware that smoking is dangerous but they do it anyway. Some of them believe that smoking is a way to connect with other people. Some others believe that smoking actually helps them to stay focus, but I think that smoking brings nothing good for us and it is totally useless.
Firstly, there is no beneficial substance in a cigarette. If you expect to get vitamin A, B or C from a cigarette, then you are daydreaming. All substance in a cigarette is dangerous. If we break it down and put it in a list, here are the substance of a cigarette and its effect toward the body: Carcinogens: substance that can cause cancer (Benzene, Formaldehyde, Vinyl chloride), Toxic Metals: metal compound that can harm our health (Arsenic, Cadmium), Radioactive Toxic Metals: extremely harmful for the body (Lead-210, Polonium-210), and various Poisons such as Ammonia, Carbon Monoxide, Hydrogen Cyanide and Nicotine. It is clear now that there is no useful material that we can take from a cigarette.
Secondly, smoking actually wastes your precious time. Some smokers may claim that they enjoy their cigarette while working, so it is like multitasking for them. But the truth is that they just don’t realize that they actually waste some of their precious time by smoking. Every time a smoker takes a sip of smoke from his or her cigar, it takes at least seven seconds of their time. Let’s do the math and find out how many seconds that they throw away if it takes at least seven sips to finish a cigarette. They would have thrown away forty nine seconds of their time to finish a cigarette and nine minutes and forty eight seconds to finish a pack of cigarette. That sounds so useless to me because after spending that nine precious minutes you completely gain nothing but damage to your body internally.
Thirdly, smoking means that you burn your money, literally. It sounds classic in our ear, but clearly there are still so many people who don’t get the meaning because the fact says that the number of smokers increase by year. We buy something for a reason. But when you buy a pack of cigarette, what is your reason? It doesn’t contain any vitamin for you to take. It doesn’t even contain a dangerous enough material for you to suicide. Buying certain poison that can kill you instantly seems to have a clearer objective for me than buying a pack of cigarette. When someone bought a bottle of deadly poison, it is clear to us that he or she wants to end his or her life. Smokers, on the other hand, do not expect to die for their action. I assure you that no smokers take a sip of a cigarette with suicidal intention in their mind, because they realize that smoking won’t kill them now, it will kill them later. Doing something without a clear objective sounds pretty bizarre for me.
Smokers have their own reasons to keep doing their habit. It is completely their right to decide to stop smoking or not, but for me smoking is useless.

Terjemahan Contoh Analytical Exposition about Smoking

Merokok itu Benar-Benar Tak Berguna
Merokok adalah hal yang umum kita lihat di lingkungan kita. Saat ini, kita bisa dengan mudah menemukan perokok dimanapun, tidak hanya dalam sebuah kelompok orang dewasa saja, namun juga dalam sebuah kelompok anak dibawah umur. Mereka sebenarnya sadar bahwa merokok itu berbahaya namun mereka tetap saja melakukannya. Sebagian dari mereka percaya bahwa merokok adalah sebuah cara untuk terhubung dengan orang lain. Sebagian yang lain percaya bahwa merokok sebenarnya dapat membantu mereka untuk mempertahankan fokus, namun menurut saya merokok tidak membawa kebaikan apapun bagi kita dan hal itu benar-benar tak berguna.
Pertama, tidak ada kandungan bermanfaat dalam sebatang rokok. Jika anda mengharapkan untuk memperoleh vitamin A, B atau C dari sebatang rokok, maka anda sedang berkahayal. Semua kandungan yang ada dalam sebatang rokok itu berbahaya. Jika kita merincikan serta menaruhnya dalam sebuah daftar, berikut ini adalah zat yang terkandung dalam sebatang rokok beserta dampaknya terhadap tubuh: Carcinogens: zat yang dapat menyebabkan kanker (Benzene, Formaldehyde, Vinyl chloride), Toxic Metals: kandungan logam yang bisa menganggu kesehatan kita (Arsenic, Cadmium), Radioactive Toxic Metals: sangat berbahaya bagi tubuh (Lead-210, Polonium-210), dan berbagai macam racun seperti Ammonia, Carbon Monoxide, Hydrogen Cyanide dan Nicotine. Sudah jelas saat ini bahwa tidak ada kandungan bermanfaat yang bisa kita peroleh dari sebatang rokok.
Kedua, merokok sebenarnya membuang waktu berharga anda. Sebagian perokok mungkin mengatakan bahwa mereka menikmati rokok mereka sambil bekerja, jadi hal itu nampak seperti multitasking bagi mereka. Namun kenyataannya adalah mereka hanya tidak sadar bahwa mereka sebenarnya membuang sebagian dari waktu berharga mereka dengan merokok. Setiap kali seorang perokok menghisap asap dari rokoknya, diperlukan setidaknya tujuh detik dari waktu yang mereka punya. Mari kita hitung dan cari tau berapa detik yang telah mereka buang jika ternyata diperlukan paling tidak tujuh hisapan untuk menghabiskan sebatang rokok. Mereka akan telah membuang empat puluh Sembilan detik waktu mereka untuk menyelesaikan sebatang rokok dan sembilan menit empat puluh delapan detik untuk menghabiskan satu pak rokok. Hal ini terdengar sangat tidak berguna bagi saya karena setelah menghabiskan Sembilan menit yang berharga itu anda tidak memperoleh apapun namun kerusakan dalam tubuh anda.
Ketiga, merokok berarti anda membakar uang anda sendiri. Terdengar klasik memang di telinga kita, namun sangat jelas bahwa masih ada banyak orang yang tidak memahaminya karena faktanya menunjukkan bahwa jumlah perokok meningkat setiap tahun. Kita membeli sesuatu dengan sebuah tujuan. Namun saat anda membeli satu pak rokok, apa tujuan anda? Itu tidak mengandung vitamin yang bisa anda ambil. Itu bahkan juga tidak mengandung bahan yang cukup berbahaya bagi anda untuk melakukan bunuh diri. Membeli racun tertentu yang bisa membunuh anda secara singkat terlihat memiliki tujuan yang lebih jelas bagi saya dibandingkan membeli satu pak rokok. Ketika seseorang membeli sebotol racun mematikan, jelas bagi kita bahwa dia ingin mengakhiri hidupnya. Perokok, di sisi lain, tidak mengharapkan untuk mati atas tindakan mereka. Saya yakinkan anda bahwa tidak ada perokok yang menghisap sebatang rokok dengan niatan bunuh diri di pikirannya, karena mereka menyadari bahwa merokok tidak akan membunuh mereka saat ini, namun itu akan membunuh mereka nanti. Melakukan sesuatu tanpa tujuan yang jelas terdengar cukup aneh bagi saya.
Para perokok memiliki alasan mereka sendiri untuk tetap melanjutkan kebiasaan mereka. Itu juga sepenuhnya menjadi hak mereka untuk memutuskan berhenti merokok atau tidak, namun bagi saya merokok itu tidak ada gunanya.

Baca Juga: Contoh Analytical Exposition Singkat Tentang Full Day School
Baca Juga: Contoh Analytical Exposition Text Tentang Lingkungan Sekolah
Baca Juga: Contoh Analytical Exposition Tentang Pentingnya Olahraga

Oke deh Cliffers, selesai sudah contoh Analytical Exposition about smoking dan terjemahannya kali ini, mudah-mudahan bisa dipahami dengan mudah ya. Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa untuk membaca Contoh Discussion Text Singkat Tentang Narkoba Dan Artinya. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Referensi:
  1. A Disturbing List of Toxic Chemicals in Cigarettes - https://www.verywellmind.com/harmful-chemicals-in-cigarettes-and-cigarette-smoke-2824715 - Diakses tanggal 28 Maret 2019

Contoh Analytical Exposition About Smoking Dan Terjemahannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

0 komentar:

Post a Comment