Nov 7, 2021

Cardinal and Ordinal Number Beserta Video Penjelasannya

Istilah "Cardinal and Ordinal Number" masih menjadi hal baru bagi banyak orang. Ini sangat wajar sebenarnya, karena memang materi ini tidak diajarkan di sekolah. Meski begitu, kita sebenarnya tetap menemukan penggunaan keduanya dalam keseharian kita.

Dalam tulisan kali ini, saya ingin mengajak adik-adik dan teman pembaca semua untuk melihat sejenak penjelasan tentang Cardinal and Ordinal Number dalam Bahasa Inggris. Semoga saja setelah mempelajari materi ini, adik-adik bisa memahami dengan baik cara penggunaan dan penyebutan Cardinal and Ordinal number. - Wordcliff.com

Google Image - Cardinal and Ordinal Number

Cardinal and Ordinal Number

Supaya lebih mudah dipahami, kita akan membahas tentang Cardinal and Ordinal number secara terpisah. Ayo kita mulai dengan mendiskusikan pengertian Cardinal number terlebih dahulu.

Cardinal Number

Angka Cardinal atau yang kita sebut sebagai "Cardinal Number" adalah angka yang berfungsi untuk menunjukkan jumlah. Angka ini dalam Bahasa Indonesia kita sebut sebagai "Bilangan Pokok" atau "Bilangan Biasa".

Semua angka yang kita pelajari dalam artikel sebelumnya yang berjudul "Angka dalam Bahasa Inggris" termasuk kedalam "Cardinal Number". Jadi jika ada yang meminta kita menyebutkan contoh Cardinal Number, jawabannya gampang sekali, langsung saja kita sebutkan: 1, 2, 3, 4, 5 ... dan seterusnya hingga angka yang tak terhingga.

Bagaimana? mudah kan? Ayo kita lanjutkan dengan pembahasan tentang Ordinal Number.

Ordinal Number

Adik-adik pernah ikut lomba di bulan Ramadhan? atau mungkin lomba 17 Agustusan? Kalau pernah, pasti kamu pernah dong mendengar ucapan seperti "Pemenang pertama, juara kedua dan juara ketiga". Nah, angka-angka seperti "pertama, kedua, ketiga, keempat" dan seterusnya inilah yang disebut dengan "Ordinal Number" dalam Bahasa Inggris.

Istilah yang kita gunakan untuk menyebut jenis angka ini dalam Bahasa Indonesia adalah "Bilangan Bertingkat" karena memang itulah fungsi sebuah Ordinal Number, yaitu untuk menunjukkan tingkatan atau urutan. Sangat berbeda ya ternyata dengan Cardinal Number. Oh iya, untuk penjelasan dan contoh lengkapnya, coba deh tonton video berikut ini:

Adik-adik sudah nonton video penjelasan di atas? Jika sudah, kakak yakin kamu sekarang pasti sudah tau ya, apa itu Ordinal Number dan bagaimana cara membacanya. Supaya ingatanmu tentang materi kali ini semakin mantap, kakak akan melakukan sedikit pengulangan dari penjelasan yang sudah kamu peroleh dalam video di atas.

Ada tiga angka Ordinal yang perlu kalian ingat, yaitu:

1st = First

2nd = Second

3rd = Third

Selain ketiga angka ini, Ordinal Number biasanya akan memiliki akhiran "th" seperti misalnya:

4th = Fourth

5th = Fifth

dan seterusnya.

Oke deh adik-adik, pelajaran kita kali ini sudah selesai, sekarang adik-adik sudah boleh istirahat. Oh ya, kalau ada yang ingin ditanyakan tentang Cardinal and Ordinal Number, adik-adik bisa langsung mengunjungi channel youtube kakak dan menuliskan pertanyaan kalian di kolom komentar di salah satu video yang tersedia. Sekarang kakak pamit dulu, sampai ketemu lagi di penjelasan materi lainnya, Bye!

Cardinal and Ordinal Number Beserta Video Penjelasannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

0 komentar:

Post a Comment