Nov 18, 2021

Cara Membaca Angka Dalam Bahasa Inggris Dilengkapi Video

Hai sobat Cliffers, dalam artikel kali ini kita akan belajar cara membaca angka desimal, pecahan, persen dan tahun dalam Bahasa Inggris. Tulisan ini saya sajikan untuk melengkapi pembahasan tentang Numbers in English. Jadi, untuk sobat yang belum sempat membaca penjelasan materi numbers in english, sabaiknya sobat buka artikel tersebut terlebih dulu, baru kemudian lanjutkan membaca tulisan ini.

Sebagian orang mungkin sudah tau cara membaca angka desimal dan persen dalam Bahasa Inggris. Tapi ternyata pengetahuan tentang cara membaca pecahan dan tahun yang tepat masih menjadi hal baru bagi kebanyakan orang. Jika sobat adalah salah satunya, berarti sobat sangat beruntung, karena kita akan segera mempelajarinya dalam penjelasan singkat berikut ini. - Wordcliff.com

Google Image - Cara Membaca Angka Dalam Bahasa Inggris Dilengkapi Video

Cara Membaca Angka dalam Bahasa Inggris

Meski mungkin tidak setiap hari, tapi kita pasti pernah berada di kondisi dimana kita harus membaca angka dalam Bahasa Inggris. Misalnya saja saat kita ingin menyebutkan tahun lahir kita pada sebuah percakapan. Hal ini mungkin menimbulkan rasa penasaran dalam hati kita, bagaimana ya cara membaca angka yang benar dalam Bahasa Inggris?

Untuk menjawab rasa penasaran kita, dalam kesempatan kali ini saya ingin mengajak sobat Cliffers untuk mempelajarinya bersama. Ayo kita mulai dengan mempelajari cara membaca angka desimal dalam Bahasa Inggris.

Cara Membaca Angka Desimal dalam Bahasa Inggris

Pada saat kita ingin membaca angka desimal dalam Bahasa Inggris, ada dua hal yang perlu kita perhatikan:

  • Cara Penulisan

Angka desimal dalam Bahasa Inggris ditulis dengan menggunakan pemisah berupa "tanda titik (dibaca "point")" dan bukan "tanda koma" seperti yang biasa kita lakukan dalam Bahasa Indonesia. Jadi, contoh penulisan angka desimal yang benar dalam Bahasa Inggris adalah: 2.5 dan bukan 2,5

  • Cara Membaca

Secara sederhana, angka desimal bisa kita pisahkan menjadi "angka di depan tanda koma/titik" dan "angka di belakang tanda koma/titik". Untuk angka yang muncul di depan tanda koma/titik, kita akan membaca nya sebagai sebuah kesatuan. Sedangkan untuk angka yang muncul setelah tanda koma/titik, kita membaca nya secara terpisah, atau bisa dikatakan kita baca sendiri-sendiri setiap angka nya.

Contoh:

3.45 = Three point four five dan bukan Three point fourty-five

97.5 = Ninety-seven point five dan bukan Nine seven point five

Cara Membaca Pecahan dalam Bahasa Inggris

Dalam pecahan, kita mengenal istilah "pembilang" dan "penyebut". Pembilang adalah angka yang berada di atas garis sedangkan penyebut adalah angka yang berada di bawah garis. Dalam Bahasa Inggris istilah "pembilang" kita kenal dengan "Numerator" sedangkan istilah "Penyebut" kita kenal dengan "Denominator".

Terkait dengan cara membaca pecahan dalam Bahasa Inggris, ada beberapa hal yang sobat perlu ketahui:

Numerator / Pembilang : Dibaca sebagai angka biasa (Cardinal Number)

Denominator / Penyebut : Dibaca sebagai bilangan bertingkat (Ordinal Number)

Pengecualian:

1/2 dibaca "a half" atau "one half"

1/4 dibaca "a quarter" atau "one quarter"

Contoh Membaca Pecahan

1/3 dibaca "a third" atau "one third"

1/5 dibaca "a fifth" atau "one fifth"

3/5 dibaca "three fifths"

Cara Membaca Persen dalam Bahasa Inggris

Untuk membaca bilangan persen dalam Bahasa Inggris, sebenarnya tidak ada aturan khusus. Kita hanya perlu menambahkan kata "percent" setelah angka yang kita baca. Namun perlu diperhatikan, jika angka persen itu berupa bilangan desimal (mengandung angka di belakang koma) maka kita perlu ingat bahwa aturan cara membaca bilangan desimal tetap berlaku.

Contoh Membaca Persen

15% dibaca "fifteen percent"

25% dibaca "twenty-five percent"

54.35% dibaca "fifty-four point three five percent

Cara Membaca Tahun dalam Bahasa Inggris

Saat kita ingin membaca tahun dalam Bahasa Inggris ada beberapa aturan yang perlu kita ketahui. Tapi, secara umum dan singkatnya, kita hanya perlu membagi angka tahun tersebut menjadi dua bagian, yaitu: dua angka di depan dan dua angka di belakang, dan kemudian membaca masing-masing pasangan angka tersebut sebagai sebuah kesatuan.

Contoh: tahun 2015 dibaca "Twenty fifteen"

Masih ada beberapa aturan lagi yang bisa kamu pelajari tentang cara membaca tahun dalam Bahasa Inggris, tapi sebaiknya sobat pelajari langsung saja melalui video berikut ini sekaligus mempelajari ulang semua penjelasan yang sudah saya sajikan dari awal artikel ini. Terimakasih atas perhatiannya, selamat melanjutkan dengan video berikut ini dan semoga sobat bisa memperoleh ilmu yang bermanfaat.



Cara Membaca Angka Dalam Bahasa Inggris Dilengkapi Video Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

0 komentar:

Post a Comment